PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN
Oleh: D. Suhardiman Sunusi
Pembelajaran merupakan suatu
kegiatan yang melibatkan seseorang dalam dalam upaya memperoleh pengetahuan,
keterampilan dan nilai – nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber
untuk belajar. Pembelajaran dapat melibatkan dua pihak yaitu siswa sebagai
pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Yang terpenting dalam kegiatan
pembelajaran adalah terjadinya proses belajar ( learning process ).
Pembelajaran adalah sebuah system .
dikatakan sebagai system karena didalamnya mengandung komponen yang saling
berkaitan anatara satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan yang
telah ditetapkan . komponen – komponen tersebut meliputi: tujuan, materi,
metode, media dan evaluasi .. media merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalan pencapaian tujuan
dalam pembelajaran
1.
Pengertian Media
a.
Kata
media berasal dari bahasa Latin merupakan bentuk jamak dari kata “ medium
“ yang secara harfiah kata tersebut
berarti perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara
atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.Rudi Susilana dan Cepi Riyana, ( 2011: 6 )
b.
National
Education Asosiation ( Susilana dan Cepi Riyana 2011: 6 ) memberikan batasan bahwa
media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual
termasuk perangkat kerasnya.
c.
Miarso
( Susilana dan Riyana. 2011 : 6 ) memberikan pengertian media yaitu segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang
pikiran, perasaan, dan kemauan siswa
untuk belajar
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media
adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi
tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah
pada khususnya.
2.
Pengertian Media Pembelajaran
( Rudi Susilana dan Cepi Riyana, 2011: 6 ) memberikan pengertian
tentang media pembelajaran yaitu Apabila media itu membawa pesan-pesan atau
informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran
maka media itu disebut Media Pembelajaran.
Sedangkan menurut Briggs ( Rudi Susilana dan Cepi Riyana, 2011 :6 ) adalah sarana
fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video
dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton ( NEA ) mengungkapkan
bahwa media pembelajaran adalah sarana
komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi
perangkat keras.
3.
Manfaat Media Dalam Pembelajaran
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat
penting adalah metode mengajar dan media pengajaran. Kedua aspek ini
saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan
mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai
aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan
pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah
pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik
siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama
media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi
iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Secara umum, manfaat media dalam proses
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara lebh khusus
ada beberapa manfaat media yang lebih rinci Rudi Susilana dan Cepi Riyana, ( 2011: 9 ) beberapa manfaat
media dalam pembelajaran yaitu :
1.
Memperjelas
pesana agar tidak verbalis
2.
Mengatasi
keterbatasan ruang , waktu tenaga dan daya indera
3.
Menimbulkan
gairah belajar , interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
4.
Memungkinkan
anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya
5.
Memberi
rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkn presepsi yang
sama
Selain itu
kontribusi media pembelajran menurut Kemp and Dayton (Rudi Susilana dan Cepi Riyana:2011 ) adalah
a.
Penyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih berstandar
b.
Pembelajaran
lebih menarik
c.
Pembelajaran
lebih interaktif
d.
Waktu
ppelaksanaan pembelajaran lebih diperpendek
e.
Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan
f.
Proses
pembelajaran dapat berlangsung kapanpun
g.
Sikap
positif siswa dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan
h.
Peran
guru berubah kearah yang positif
beberapa manfaat media seperti yang dikemukakan
oleh Rudi Susilana dan Cepi Riyana tersebut, tentu saja kita masih
dapat menemukan banyak manfaat-manfaat praktis yang lain. Manfaat praktis
media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
a.
Media
pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat
memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
b.
Media
pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat
menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan
lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai
dengan kemampuan dan minatnya
c.
Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu
d.
Media
pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang
peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya
interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya misalnya melalui
karya wisata. Kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Media Pembelajaran banyak sekali jenis dan
macamnya. Mulai yang paling kecil sederhana dan murah hingga media yang
canggih dan mahal harganya. Ada media yang dapat dibuat oleh guru
sendiri, ada media yang diproduksi pabrik. Ada media yang sudah tersedia
di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan, ada pula media yang secara
khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran
Meskipun media banyak ragamnya, namun
kenyataannya tidak banyak jenis media yang biasa digunakan oleh guru di
sekolah. Beberapa media yang paling akrab dan hampir semua sekolah
memanfaatkan adalah media cetak (buku). selain itu banyak juga sekolah
yang telah memanfaatkan jenis media lain gambar, model, dan Overhead Projector
(OHP) dan obyek-obyek nyata. Sedangkan media lain seperti kaset audio,
video, VCD, slide (film bingkai), program pembelajaran komputer masih jarang
digunakan meskipun sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar
guru. Rudi Susilana dan Cepi Riyana, ( 2011: 14 ) mengelompokkan
media sebagai berikut:
a.
Kelompok
kesatu: media grafis, Bahan cetak dan gambar diam
1)
Yang
termasuk media grafis antara lain:
Grafik
Diagram
Bagan
Sketsa
Poster
Papan Flanel
Buletin Board
2)
Yang
termasuk media bahan cetak
Buku teks
Modul
Bahan pengajaran topogram
b.
Kelompok
kedua : Media proyeksi diam
Media gambar diam adalah media visual yang
diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksiknya
tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan, misalnya OHP/OHT, Opaque
Projektor, Slide, dan film strip
c.
Kelompok
ketiga : Media Audio
Jenis media ini diantaranya: Radio, Media alat
perekam pita magnetic
d.
Kelompok
keempat : Media audio visual diam
e.
Kelompok
kelima : Film ( Motion Pictures )
f.
Kelompok
keenam : Televisi
g.
Kelompok
ketujuh : Multi media
Dari tujuh kelompok media pembelajaran diatas ,
yang paling praktis dipakai dipakai dalam kegiatan belajar mengajar adalah
kelompok ke satu yaitu media grafis, Bahan cetak dan gambar diam
1.
Kelebihan dan kekurangan Media
gambar
Media
gambar termasuk media visual, supaya pembelajaran terencana dalam membina
pengetahuan sikap dan keterampilan siswa melalui interaksi siswa dengan
lingkungan belajar yang diatur guru pada hakikatnya mempelajari lambang-lambang
verbal dan visual, agar diperoleh makna yang terkandung didalamnya.
Lambang-lambang tersebut dicerna, disimak oleh para siswa sebagai penerima
pesan yang disampaikan guru. Menurut Schramm, klasifikasi media ada dua
jenis,yaitu media sederhana (papan tulis, gambar, poster, peta) dan media
canggih (radio, film, televise, komputer). Jadi, gambar merupakan media visual
sederhana,
Menurut Basuki dan Farida (2001: 42),
mengemukakan kelebihan dan keterbatasan media gambar, yaitu:
a.
Kelebihan
media gambar:
1)
Umumnya
murah harganya
2)
Mudah
didapat
3)
Mudah
digunakan
4)
Dapat
memperjelas suatu masalah
5)
Lebih
realistis
6)
Dapat
membantu mengatasi keterbatasan pengamatan
7)
Dapat
mengatasi keterbatasan ruang
b.
Keterbatasan
media gambar :
1)
Semata-mata
hanya medium visual
2)
Ukuran
gambar seringkali kurang tepat untuk pengajaran dalam kelompok besar
3)
Memerlukan
ketersediaan sumber ketrampilan dan kejelian guru untuk dapat memanfaatkannya.
Sedangkan Menurut Arif S. Sadiman (1992: 29)
mengemukakan kelebihan dan keterbatasan media gambar adalah:
a.
Kelebihan
media gambar :
1)
Sifatnya
konkrit : lebih realistis menunjukkan pokok masalah yang dibandingkan dengan
gambar verbal semata
2)
Gambar
dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
3)
Gambar
dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
4)
Dapat
memperjelas suatu masalah kesalah pahaman dalam bidang apa saja, sehingga dapat
mencegah atau membetulkan keslah pahaman
5)
Murah
harganya dan gampang di dapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan
khusus
b.
Kelemahan
media gambar :
1)
Hanya
menekankan persepsi indra mata
2)
Gambar
benda yang terlaku kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
3)
Ukurannya
sangat terbatas untuk kelompok besar
4)
Memerlukan
keterbatasan sumber dan ketrampilan kejelian untuk dapat memanfaatkannya.
Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat di
simpulkan fungsi dari media gambar adalah :
a.
Kelebihan
1)
Sifatnya
konkrit
2)
Dapat
mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
3)
Dapat
mengatasi keterbatsan pengamatan
4)
Murah
harganya
b.
Keterbatasan
1)
Hanya
medium biasa
2)
Ukurannya
sangat terbatas untuk kelompok besar
3)
Memerlukan
kejelian guru untuk memenfaatkannya
Selamat mencoba
Bahan Yang dipersiapkan
1. Kumpulan gambar yang sesuai dengan Materi
2. papan Kegiatan
3. Lks
Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar