PTK

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN
Oleh: D. Suhardiman Sunusi


Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai – nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran dapat melibatkan dua pihak yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya proses belajar ( learning process ).



Pembelajaran adalah sebuah system . dikatakan sebagai system karena didalamnya mengandung komponen yang saling berkaitan anatara satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan . komponen – komponen tersebut meliputi: tujuan, materi, metode, media dan evaluasi .. media merupakan salah satu komponen  yang sangat penting dalan pencapaian tujuan dalam pembelajaran

1.       Pengertian Media
a.      Kata media berasal dari bahasa Latin merupakan bentuk jamak dari kata “ medium “  yang secara harfiah kata tersebut berarti perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.Rudi Susilana dan  Cepi Riyana, ( 2011: 6 )
b.      National Education Asosiation  ( Susilana dan  Cepi Riyana 2011: 6 ) memberikan batasan bahwa media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual termasuk perangkat kerasnya.
c.       Miarso ( Susilana dan Riyana. 2011 : 6 ) memberikan pengertian media yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa  untuk belajar

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya.

2.      Pengertian Media Pembelajaran
( Rudi Susilana dan  Cepi Riyana, 2011: 6 ) memberikan pengertian tentang media pembelajaran yaitu Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut Media Pembelajaran.

Sedangkan menurut Briggs ( Rudi Susilana dan  Cepi Riyana, 2011 :6 ) adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton ( NEA ) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

3.      Manfaat Media Dalam Pembelajaran 
 Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran.  Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa.  Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.

Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.  Tetapi secara lebh khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci Rudi Susilana dan  Cepi Riyana, ( 2011: 9 ) beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

1.       Memperjelas pesana agar tidak verbalis
2.      Mengatasi keterbatasan ruang , waktu tenaga dan daya indera
3.      Menimbulkan gairah belajar , interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
4.      Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori  & kinestetiknya
5.      Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkn presepsi yang sama

 Selain itu kontribusi media pembelajran menurut Kemp and Dayton (Rudi Susilana dan  Cepi Riyana:2011 ) adalah
a.      Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih berstandar
b.      Pembelajaran lebih menarik
c.       Pembelajaran lebih interaktif
d.      Waktu ppelaksanaan pembelajaran lebih diperpendek
e.      Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
f.        Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun
g.      Sikap positif siswa dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan
h.      Peran guru berubah kearah yang positif

beberapa manfaat media seperti yang dikemukakan oleh Rudi Susilana  dan  Cepi Riyana tersebut, tentu saja kita masih dapat menemukan banyak manfaat-manfaat praktis yang lain.  Manfaat praktis media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
a.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
b.      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya
c.       Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu
d.      Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya misalnya melalui karya wisata.  Kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Media Pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya.  Mulai yang paling kecil sederhana dan murah hingga media yang canggih dan mahal harganya.  Ada media yang dapat dibuat oleh guru sendiri, ada media yang diproduksi pabrik.  Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran

Meskipun media banyak ragamnya, namun kenyataannya tidak banyak jenis media yang biasa digunakan oleh guru di sekolah.  Beberapa media yang paling akrab dan hampir semua sekolah memanfaatkan adalah media cetak (buku).  selain itu banyak juga sekolah yang telah memanfaatkan jenis media lain gambar, model, dan Overhead Projector (OHP) dan obyek-obyek nyata.  Sedangkan media lain seperti kaset audio, video, VCD, slide (film bingkai), program pembelajaran komputer masih jarang digunakan meskipun sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar guru.   Rudi Susilana dan  Cepi Riyana, ( 2011: 14 ) mengelompokkan media sebagai berikut:
a.      Kelompok kesatu: media grafis, Bahan cetak dan gambar diam
1)      Yang termasuk media grafis antara lain:
Grafik
Diagram
Bagan
Sketsa
Poster
Papan Flanel
Buletin Board
2)     Yang termasuk media bahan cetak
Buku teks
Modul
Bahan pengajaran topogram
b.      Kelompok kedua : Media proyeksi diam
Media gambar diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksiknya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan, misalnya OHP/OHT, Opaque Projektor, Slide,  dan film strip
c.       Kelompok ketiga : Media Audio
Jenis media ini diantaranya: Radio, Media alat perekam pita magnetic
d.      Kelompok keempat : Media audio visual diam
e.      Kelompok kelima : Film ( Motion Pictures )
f.        Kelompok keenam : Televisi
g.      Kelompok ketujuh : Multi media

Dari tujuh kelompok media pembelajaran diatas , yang paling praktis dipakai dipakai dalam kegiatan belajar mengajar adalah kelompok ke satu yaitu media grafis, Bahan cetak dan gambar diam

1.       Kelebihan dan kekurangan Media gambar

Media gambar termasuk media visual, supaya pembelajaran terencana dalam membina pengetahuan sikap dan keterampilan siswa melalui interaksi siswa dengan lingkungan belajar yang diatur guru pada hakikatnya mempelajari lambang-lambang verbal dan visual, agar diperoleh makna yang terkandung didalamnya. Lambang-lambang tersebut dicerna, disimak oleh para siswa sebagai penerima pesan yang disampaikan guru. Menurut Schramm, klasifikasi media ada dua jenis,yaitu media sederhana (papan tulis, gambar, poster, peta) dan media canggih (radio, film, televise, komputer). Jadi, gambar merupakan media visual sederhana,

Menurut Basuki dan Farida (2001: 42), mengemukakan kelebihan dan keterbatasan media gambar, yaitu:
a.      Kelebihan media gambar:
1)      Umumnya murah harganya
2)     Mudah didapat
3)     Mudah digunakan
4)     Dapat memperjelas suatu masalah
5)     Lebih realistis
6)     Dapat membantu mengatasi keterbatasan pengamatan
7)     Dapat mengatasi keterbatasan ruang

b.      Keterbatasan media gambar :
1)      Semata-mata hanya medium visual
2)     Ukuran gambar seringkali kurang tepat untuk pengajaran dalam kelompok besar
3)     Memerlukan ketersediaan sumber ketrampilan dan kejelian guru untuk dapat memanfaatkannya.

Sedangkan  Menurut Arif S. Sadiman (1992: 29) mengemukakan kelebihan dan keterbatasan media gambar adalah:

a.      Kelebihan media gambar :
1)      Sifatnya konkrit : lebih realistis menunjukkan pokok masalah yang dibandingkan dengan gambar verbal semata
2)     Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
3)     Gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
4)     Dapat memperjelas suatu masalah kesalah pahaman dalam bidang apa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan keslah pahaman
5)     Murah harganya dan gampang di dapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus

b.      Kelemahan media gambar :
1)      Hanya menekankan persepsi indra mata
2)     Gambar benda yang terlaku kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
3)     Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
4)     Memerlukan keterbatasan sumber dan ketrampilan kejelian untuk dapat memanfaatkannya.

Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat di simpulkan fungsi dari media gambar adalah :

a.      Kelebihan
1)      Sifatnya konkrit
2)     Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
3)     Dapat mengatasi keterbatsan pengamatan
4)     Murah harganya

b.      Keterbatasan
1)      Hanya medium biasa
2)     Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
3)     Memerlukan kejelian guru untuk memenfaatkannya


Selamat mencoba



Bahan Yang dipersiapkan
1. Kumpulan gambar yang sesuai dengan Materi









2. papan Kegiatan


3. Lks






Kegiatan






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar